Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Dua tendangan keras Ilham Armaiyn dan M. Hargianto bawa Indonesia ke final AFF U-19 2013



Lagi lagi Ilham Udin Armaiyn pemain muda asal Ternate ini menjadi pioneer bagi setiap kemenangan Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2013 yang diselenggarakan di Jawa Timur Indonesia. Pada laga semifinal melawan Timor Leste, Ilham sekali lagi menunjukkan kontribusinya dan membawa Indonesia ke final melawan Vietnam.

Di awal babak pertama Indonesia langsung menekan pertahanan Timor Leste. Indonesia mampu menciptakan peluang dimenit ke-7 melalui Ilham Udin. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Evan Dimas, bola langsung disambar melalui tandukan. Sayang tandukannya masih melenceng tipis.

Gagal di kesempatan pertama, Ilham Udin mampu membayarnya di peluang kedua. Di menit ke-9 diawali penetrasi lincah dari Maldini di sayap kanan, bola lalu dioper ke Ilham dengan sedikit gocekan  ia berhasil membuka skor melalui sepakan keras kaki kiri. Bola sempat dihalangi pemain belakang Timor Leste tetapi melewati kolong kaki dan menghujam keras di sudut kiri gawang. Kiper Timor Leste, Fabio Augusto tidak sempat bereaksi. 1-0 untuk Indonesia.

Apabila diperhatikan sejak pertandingan pertandingan sebelumnya kolaborasi dua sayap yaitu antara Ilham dan Maldini sangat serasi. Keduanya sering berbagi dan bisa menghasilkan gol. Meski Maldini kadang terlalu keasikan "menari" (karena dianugrahi skill yang aduhai) tetapi sering memberikan umpan umpan yang menghasilkan gol. Hal ini berbeda dengan Javier Dinan yang jarang sekali mau mengoper meskipun kawan sudah berdiri kosong di depan gawang. Dinan lebih sering melakukan shooting langsung ke gawang.

Beberapa peluang banyak tercipta di babak pertama ini seperti Muhammad Hargianto yang nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Berawal dari bola liar di depan kotak penalti, Hargianto langsung menyambar bola dengan sepakan keras. Namun bola masih melambung.

Di paruh kedua, Indonesia masih mengambil kendali permainan. Permainan terbaik sepanjang turnamen. Pemain bermain tenang, menikmati permainan, bola mengalir dari kaki dengan begitu lancarnya, serta ritme permainan yang bisa dikendalikan. Beberapa peluang sempat lahir namun tak dapat diselesaikan dengan baik. Timor Leste hanya mengandalkan serangan balik. Tapi usaha mereka juga gagal lantaran lini belakang Indonesia bermain sangat disiplin.
Menit 61 kembali M.Hargianto melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Kali ini tidak gagal, bola meluncur deras ke pojok kiri gawang Timor Leste, gool. Indonesia unggul 2-0.

Pada menit ke 70, Ilham ditarik keluar dan digantikan Dinan. Coach Indra memilih  menjaga Ilham untuk partai final nanti. Ilham terbukti selalu menjadi pemecah kebuntuan di saat saat yang sangat penting. Selain itu Indonesia sudah unggul dan menguasai jalannya pertandingan. Sampai peluit akhir dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta.

Kami selalu mendukungmu Ilham, jangan bosan menciptakan gol penentu bagi Indonesia dan menjadi JUARA di final nanti. Bawa harum nama Ternate di persepakbolaan negeri tercinta ini!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar